Home / Internet Marketing / Strategi Pemasaran 7P

Strategi Pemasaran 7P

Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran 7P – Nah, selain strategi pemasaran 4P yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya, adda juga strategi lain guys, yaitu strategi pemasaran 7P. “Bedanya sama yang 4P itu apa sih min?”, tentunya model ini lebih kompleks dari model pemasaran yang 4P. Model ini jua termasuk terbaru yang mungkin masih jarang digunakan oleh banyak orang. Namun 7P ini harus anda gunakan untuk terus mengvaluasi kembali bisnis anda. Karena kebutuhan pelanggan akan produk berubah dengan cepat, anda bisa menggunakan ketujuh P ini bisnis anda berada di jalur yang sesuai dan mencapai hasil maksimal untuk pasar anda saat ini.

7P Marketing

strategi pemasaran

7P ini adalah penambahan 3P ditambah dengan 4P yang kemarin sudah kita bahas dan akan kita ulas kembali. Ada 3P yang ditambahkan, yaitu People, Process, dan Physical. Namun, ada banyak ambigu yang admin dapatkan dari 2P terakhir diatas, ada yang menyebutnya Positioning dan Packaging. Dilansir dari Enterpreneur.com, 7P tersebut antara lain:

1. Product (Produk)

Produk dalam 4P adalah apa yang diinginkan pelanggan yang menjadi kebutuhannya dan keunggulan produk anda dari pesaing anda.

2. Place (Tempat)

“Di mana pembeli mencari produk atau toko anda? Jika pembeli mencari di toko, tempat mana yang ada produk anda? Butik kah? Atau Indomaret kah?”. Dengan kata lain definisi dari Place adalah tempat untuk memasarkan produk anda dengan tepat dan lebih spesifik agar lebih mudah dijangkau pelanggan anda.

3. Price (Harga)

Price yaitu penetapan produk anda meliputi harga, diskon, maupun fitur affiliate promosi pemasaran anda. Penetapan harga ini juga harus anda pertimbangkan matang-matang dengan melihat value dari produk anda maupun keunggulan atau fitur produk dan jasa anda.

4. Promotion (Promosi)

Setelah anda membuat produk, menentukan tempat, dan juga menetapkan harga, strategi terakhir dari semua ini adalah promosi. Eitsss, Jangan asal promosi ke sembarang orang, anda juga harus menentukan kemana anda mempromosikan produk anda, apakah produk anda ada manfaat bagi orang yang anda promosikan produk anda kepadanya.

5. People (Orang)

Konteks umum elemen ini adalah untuk menjadi sukses dalam bisnis, Anda harus mengembangkan kebiasaan berpikir dalam hal siapa yang akan melaksanakan setiap tugas dan tanggung jawab. Elemen ini akan menguji kemampuan anda untuk memilih maupun merekrut orang dengan ketrampilan dan kemampuan untuk suatu pekerjaan khusus dalam bisnis anda.

6. Packaging (Pengemasan)

Elemen keenam ini adalah kemasan. Konteks umum elemen ini adalah seberapa kritis pandangan visual terhadap produk anda. Orang-orang akan memberi kesan terhadap produk dari bisnis anda dalam 30 detik pertama mereka. Selain dari produk kemasan ini juga berarti pandangan luar orang-orang terhadap anda, bisnis anda, maupun karyawan-karyawan anda.

7. Positioning (Pemosisian)

Yang terakhir adalah pemosisian. Pemosisian ini juga berarti bagaimana posisi anda dalam hati maupun pikiran karyawan maupun pelanggan anda. Selain itu anda juga harus memposisikan produk anda ke pasar yang tepat. Jangan sampai anda jual barang mahal tapi anda menjualnya ke pasar kampung. Hehe.

Baca Juga : Strategi Pemasaran | Bauran Pemasaran & Strategi Marketing 4P

Model bauran pemasaran ini sangat penting bagi anda yang ingin terus mengembangkan bisnis anda dengan baik. Bagaimana anda melihat peluang usaha, memosisikan maupun membangun usaha dengan tepat. Jika anda menerapkan 7P diatas, anda akan lebih mudah memperbaiki maupun merevisi apa yang terbaik untuk bisnis anda.

Check Also

cara membuat copywriting

Cara Membuat Copywriting Untuk Produk Anda

Cara Membuat Copywriting – “Bagaimana sih cara membuat copywriting yang persuasif?”. Copywriting yang ditulis entah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *