Home / Peluang Usaha / Strategi Pemasaran | Bauran Pemasaran & Strategi Marketing 4P

Strategi Pemasaran | Bauran Pemasaran & Strategi Marketing 4P

Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran – “Bauran Pemasaran apa sih min? Marketing 4P apasih min?” Hehe sebelum anda mengetahui itu, ada baiknya anda mengetahui pengertian dari pemasaran itu sendiri terlebih dahulu. Menurut Wikipedia, Pemasaran (Dalam Bahasa Inggris : Marketing) adalah aktivitas, serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum. Intinya yaitu pengkomunikasian dan aktivitas pemenuhan kebutuhan pelanggan dari suatu institusi atau sebuah perusahaan atau juga  sebut saja penjual.

Bauran Pemasaran

Bauran Pemasaran atau Marketing Mix adalah suatu strategi penjualan atau promosi serta penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan untuk pasar yang dituju. Sementara Strategi Marketing 4P adalah Model dari Bauran Pemasaran itu sendiri. Ada banyak model bauran pemasaran, namun disini kita akan bahas strategi 4P saja karena model ini sangat populer dimana-mana.

Model Bauran Pemasaran 4P

4P itu sendiri meliputi:

Product (Produk)

Produk dalam 4P adalah apa yang diinginkan pelanggan yang menjadi kebutuhannya dan keunggulan produk anda dari pesaing anda.

Place (Tempat)

“Di mana pembeli mencari produk atau toko anda? Jika pembeli mencari di toko, tempat mana yang ada produk anda? Butik kah? Atau Indomaret kah?”. Dengan kata lain definisi dari Place adalah tempat untuk memasarkan produk anda dengan tepat dan lebih spesifik agar lebih mudah dijangkau pelanggan anda.

Price (Harga)

Price yaitu penetapan produk anda meliputi harga, diskon, maupun fitur affiliate promosi pemasaran anda. Penetapan harga ini juga harus anda pertimbangkan matang-matang dengan melihat value dari produk anda maupun keunggulan atau fitur produk dan jasa anda.

Promotion (Promosi)

Setelah anda membuat produk, menentukan tempat, dan juga menetapkan harga, strategi terakhir dari semua ini adalah promosi. Eitsss, Jangan asal promosi ke sembarang orang, anda juga harus menentukan kemana anda mempromosikan produk anda, apakah produk anda ada manfaat bagi orang yang anda promosikan produk anda kepadanya.

Strategi pemasaran 4P hanyalah satu dari sekian banyak daftar model yang dikembangkan selama bertahun-tahun. Dan penjelasan diatas adalah kunci dari 4P itu sendiri. Ada juga model-model lain seperti 7P ( 4P + Orang , Proses, Keputusan Tata Letak Fisik) , 4C (Customer needs and wants, Cost, Convenience, Communication) dan masih banyak lagi.

Baca Juga : 9 Situs untuk Membuat Website Bisnis Online Terbaik

Nah, mungkin segitu saja pembahasan Strategi Marketing 4P, salah satu dari sekian banyak model Bauran Pemasaran yang akan kita bahas lagi di artikel selanutnya.

Source : MindTools

Check Also

peluang usaha di desa

Peluang Usaha Di Desa | Potensi Ekonomi Pedesaan

Peluang Usaha Di Desa, Info Rumah Digital – Tinggal di kampung atau pedesaan, memiliki keindahannya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *