Home / Internet Marketing / Cara Menentukan Harga Jual Dengan Psikologi Harga

Cara Menentukan Harga Jual Dengan Psikologi Harga

Cara Menentukan Harga Jual

Cara Menentukan Harga Jual – Menentukan harga yang tepat seringkali menjadi masalah untuk anda para pebisnis baru. Cara yang paling umum yang mungkin anda gunakan adalah memasarkan harga di bawah competitor anda. Namun, ada beberapa cara yang efektif untuk menentukan harga tersebut. Para akademisi telah melakukan beberapa penelitian untuk mengetahui respon dari pembeli terhadap beberapa perbedaan harga.

Contohnya, pada temuan mengurangi jumlah suku kata pada harga yang tertulis dapat memberi prasangka pada pembeli bahwa mereka mendapat potongan harga. Nah, pada Artikel kali ini admin akan membahas tentang cara menentukan harga jual dengan psikologi harga yang bisa anda manfaatkan untuk menentukan harga jual yang efektif.

1. Mengulangi Penentuan Harga

Cara menentukan harga jual

Saat anda menentukan harga, tidak selamanya harus mengikuti logika yang ada. Menentukan harga untuk jasa atau produk anda dapat memberikan pengaruh pada pembeli. Mulai lah dengan menentukan harga per hari, bulan, atau per tahun.

Contohnya anda akan menjual software yang sangat canggih seharga 900 ribu per tahun untuk langganan. Anda menjualnya dengan harga yang tinggi tersebut pada pembeli dengan memberitahukan tentang apa saja kelebihan dan manfaat dari software anda serta mengapa software tersebut lebih unggul dibanding software lain.

Namun, itu sama sekali tidak mempengaruhi penjualan anda. Coba anda merubah sudut pandang anda, anda akan menemukan sesuatu yang menarik. Contohnya, harga software anda berubah menjadi hanya 2 ribu per hari. Yang dengan harga yang sama tidak lebih mahal dari segelas minuman es teh, pembeli mendapat banyak kemudahan seperti meringankan pekerjaan usaha mereka.

Psikologi ini membuktikan bahwa harga yang lebih tinggi cenderung membuat para pembeli berfikir apakah rugi atau tidak dengan membeli. Sehingga harga yang lebih rendah akan lebih memberi pengaruh pada logika pembeli agar membeli produk anda daripada harga yang lebih tinggi.

2. Menggunakan Kata-Kata Yang Menarik

Cara menentukan harga jual

Yang kedua, coba anda gunakan kata-kata yang menarik seperti “hanya”, “cuma”, atau “dengan….saja, anda bisa mendapatkan….”. Contoh ketika anda menjual produk DVD, anda memasang harga 15 ribu, lalu anda promosikan dengan menambah kata cuma. Coba bandingkan anda berpromosi menggunakan kata “15 Ribu” dengan “Cuma 15 Ribu”.

Mungkin anda berfikir “Nggak ada bedanya kok min?”. Tapi menurut psikologi yang ditemukan, hanya dengan menambah kata “Cuma” bisa meningkatkan penjualan sebesar 20%. Mengapa? Karena kata “Cuma” dapat mempengaruhi mindset pembeli bahwa barang anda lebih murah dari yang lain sehingga mereka terdorong untuk membeli produk anda.

3. Menggunakan Patokan Harga

Cara menentukan harga jual

Lalu, menggunakan patokan harga untuk perbandingan. Misal, penjualan pada penjualan iPad oleh Steve Jobs. Sebelum Steve Jobs mempresentasikan iPad, tidak ada seorang pun yang membelinya. Kemudian ketika Steve Jobs mempresentasikan iPad tersebut, juga tidak ada seorangpun yang menanyakan harga-nya berapa.

Namun, Steve Jobs memiliki strategi khusus yang berkata, “Berdasarkan kualitasnya, menurut saya ini berada di kisaran 1000 dolar”. Tapi, Steve Jobs memberi harga 499 dolar. Lalu, para audiens nya berfikir bahwa mereka mendapat produk tersebut dengan setengah harga, yang kemudian banyak audiens yang tertarik dengan produknya.

Dalam kasus ini, anda bisa menegetahui bahwa dia memasang patokan harga 1000 dolar lalu memberi harga jual seharga 499 dolar. Psikologi ini bisa anda coba untuk memasang harga jual produk anda.

Baca Juga : Cara Membuat Copywriting Untuk Produk Anda

Nah, 3 diatas adalah contoh dari banyak psikologi harga yang bisa dimanfaatkan untuk menentukan harga jual. Buat anda yang masih kebingungan menentukan harga, cara-cara diatas bisa anda tiru guys.

Check Also

cara membuat copywriting

Cara Membuat Copywriting Untuk Produk Anda

Cara Membuat Copywriting – “Bagaimana sih cara membuat copywriting yang persuasif?”. Copywriting yang ditulis entah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *