Home / Internet Marketing / Cara Membuat Deskripsi Produk Toko Online Yang Efektif

Cara Membuat Deskripsi Produk Toko Online Yang Efektif

Dekripsi Produk

Deskripsi Produk – Sobat Rumah Digital, bagi anda para digital marketer jaman now, pasti anda tidak asing dengan toko-toko online shop seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan lain lain. Anda juga pasti ingin menjual produk anda melalui toko online tersebut.

Tapi, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang bagaimana cara membuat deskripsi produk anda agar bisa lebih menarik pengunjung.

1. Foto Produk

Foto Produk

Nah yang pertama anda harus optimalkan foto produk anda. Coba anda berikan watermark perusahaan atau brand anda pada setiap produk. Tujuannya yaitu agar brand anda bisa dikenali dengan mudah oleh orang atau ketika orang yang tertarik ingin membeli barang lain dari toko anda. Lalu foto produk anda diusahakan dengan background yang polos agar berkesan lebih simple dan elegan. Kalau ada, anda bisa menambahkan model pada foto produk anda.

Kemudian, anda bisa menyantumkan deskripsi inti produk sebagai gambar dengan artian teks ke jpeg. Juga anda bisa menggunakan standar pixel yang sama seperti 800 x 800px. Lalu jangan lupa rubah alt image dengan keyword foto produk anda.

2. Judul Produk

Judul Produk

Yang kedua ada judul produk. Optimasi Judul Produk juga sangat anda perlukan agar produk yang anda posting lebih menarik lagi. Anda bisa menggunakan rumus Keyword Commercial Intent sebagai berikut.

Awalan : Jual, Promo, Best Seller, Hot, Diskon, Termurah.

Tengah: Nama/Merk Produk, Jenis Produk.

Akhiran : Nama Toko (Opsional)

Contoh, Jual Pengharum Ruangan BOSSe Termurah Lily HomeCare. Dengan Jual sebagai awalan, lalu Pengharum Ruangan BOSSe adalah Nama/Merk Produk dan juga Lily HomeCare sebagai akhiran.

3. Deskripsi Produk

Deskripsi Produk

Pada deskripsi produk ada 3 struktur yaitu Pembuka, Inti, dan Penutup. Pada bagian pembuka, tuliskan judul produk anda. Lalu pada bagian inti, anda bisa tuliskan spesifikasi produk seperti isi, berat, komposisi bahan, dan sebagainya. Juga bisa anda tambahkan keunggulan produk anda dan segmentasi pengguna produk anda, pria atau wanita.

Pada bagian penutup, tuliskan kebijakan toko anda seperti retur, garansi, dan info pengiriman. Lalu, anda juga bisa tambahkan judul produk anda lagi. Perlu anda ingat deskipsi harus bersifat informatif dan sesimpel mungkin.

4. Hashtag

Hahtag

Satu hal yang juga sangat penting adalah Hashtag. Maksimalkan penggunaan hashtag, banyak di toko ibiasanya menggunakan hashtag maksimal 18 hashtag. Lalu gunakan keyword yang ada di pencarian populer. Cek hashtag yang relevan atau populer, anda bisa meriset hashtag yang digunakan para kompetitor anda. Lalu gunakan keyword toko pribadi anda secara konsisten di semua produk jualan.

5. Kriteria Harga

Kriteria Harga

Untuk produk umum, markup yang disarankan antara 5-25%. Sementara untuk produk langka di pasaran, markupnya antara 20-100%. Itu tergantung minat calon buyer yang bisa anda riset sendiri. “Markup itu apa sih min”? Markup harga adalah peningkatan harga atau  jumlah rupiah yang ditambahkan pada biaya dari suatu produk untuk menghasilkan harga jual.

Jadi, bagi anda yang baru membuka toko disarankan mengambil margin yang kecil dulu, karena masih mengejar Repeat Order(RO) atau transaksi yang dilakukan secara bolak-balik pada satu toko dari buyer dan pelanggan. Jika anda ingin memberikan diskon, usahakan diatas 5%. Anda juga bisa memanfaatkan fitur promosi menggunakan Voucher.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Tanpa Banyak Followers

Tips-tips diatas adalah tutorial bagaimana cara membuat deskripsi produk di toko online yang efektif sehingga anda bisa mendongkrak posisi produk anda di toko online yang anda post produknya.

Check Also

Cara Menentukan Harga Jual

Cara Menentukan Harga Jual Dengan Psikologi Harga

Cara Menentukan Harga Jual – Menentukan harga yang tepat seringkali menjadi masalah untuk anda para …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *