Home / Tips Bisnis / Tips & Trik Cara Berbisnis di Internet

Tips & Trik Cara Berbisnis di Internet

berbinsis di internet

Berbisnis di Internet – “Cara berbisnis di internet itu gimana sih?”, di artikel kali ini, admin akan memberikan beberapa tips nih, bagaimana caranya anda bisa berbisnis di internet. Nah, di internet itu ada banyak sekali peluang bisnis nih guys, dan anda juga harus bersiap untuk terjun di dunia bisnis online ini.

Kalau anda sudah siap berbisnis di internet, ada juga yang harus kalian perhatikan guys, diantaranya yaitu:

1. Positioning (Pemosisian)

Strategi positioning

Pemosisian yaitu bagaimana sikap anda saat berada didepan target market dan competitor anda. Serta apa yang anda lakukan saat berada didepan mereka. Pemosisian disini juga berarti apa yang anda lakukan agar anda bisa memposisikan diri anda dalam pemasaran produk didepan target market dan competitor anda.

2. Business Strategy (Strategi Bisnis)

strategi bisnis online

Anda juga harus mempersiapkan strategi bisnis anda, ada banyak strategi bisnis yang bisa anda pelajari di luar sana, juga anda bisa mendapat inspirasi strategi bisnis dari para competitor anda mulai dari rencana pemasaran hingga promosi.

3. Action Plan (Rencana Eksekusi)

contoh action plan

Rencana ini harus anda persiapkan baik jangka pendek maupun jangka panjang dan rencana ini nantinya akan membantu anda ketika anda kehabisan ide atau stuck disitu situ aja.

4. Consistency (Konsisten)

teknik scalping profit konsisten

Hal ini harus diperlukan dari diri anda sendiri maupun dari tim bisnis anda. Komitmen, integritas, keandalan, ketulusan anda menjalankan bisnis, serta konsistensi adalah modal yang utama dalam membangun sebuah kepercayaan terhadap para customer anda.

Trik & Strategi Memulai Bisnis

Bahkan saking banyaknya model bisnis diluar sana, anda tidak perlu menjadi seorang seperti Mark Zuckerberg untuk menciptakan sesuatu yang baru. Jadi, yang harus anda lakukan adalah anda cukup melihat model bisnis yang sudah ada diluar sana. Kemudian anda analisa, lalu lihat apa yang belum terpenuhi dari model bisnis tersebut.

Ini akan membuat resiko anda semakin kecil, kemudian ketika bisnis anda sudah jalan anda tidak butuh yang namanya trial dan error. Caranya ketika anda menganalisa competitor anda, yang anda perhatikan adalah SWOT nya. Bagi anda yang tidak tahu SWOT, SWOT adalah Strength / kekuatan mereka, Weakness / kelemahan mereka, Opportunities, dan Threats.

contoh analisis swot

Anda hanya perlu fokus pada area-area yang mereka terlihat lemah dan kurang, lalu anda posisikan bisnis anda di titik itu guys. Dan selanjtunya yang bisa anda lakukan adalah anda bisa mencari atau menciptakan niche market-nya. jadi jika anda melakukan ini, maka anda tidak perlu menghabiskan waktu banyak untuk riset pasar lagi. Karena anda sudah menemukan riset pasar anda tadi.

Jual Produk atau Jasa?

Anda mungkin bingung, “Min, mending jual produk atau jasa?”, saran admin sebaiknya kalau anda seorang pemula lebih baik anda mulai dari menjual jasa dulu guys. Kenapa? Karena ketika anda menjual jasa, anda nggak perlu membutuhkan modal yang besar, anda juga nggak butuh inventory barang, lalu competitor anda juga sedikit, juga anda tidak terlalu bergantung pada supplier.

Enaknya menjual jasa, anda bisa memasang harga sesuka hati anda guys dan nggak lagi ada yang namanya biaya produksi atau biaya distribusi, kalaupun ada pasti jumlahnya kecil banget guys. Rekomendasi jasa dari admin, anda bisa menjual jasa coaching, konsultasi, dan jasa training. Dari ketiga jasa yang admin rekomendasikan, anda hanya perlu otak dan pengalaman anda, bukan fisik anda.

Baca Juga : Tips Cara Memulai Bisnis dari Nol untuk Pemula

Nah, diatas adalah sedikit tips buat anda yang akan membangun bisnis online dan ingin berbisnis di internet.

Check Also

cara memulai bisnis online

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Cara Memulai Bisnis Online – Anda sudah yakin memulai bisnis online anda dari nol? Tapi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *