Home / Internet Marketing / Tips Strategi Digital Marketing

Tips Strategi Digital Marketing

strategi digital marketing

Strategi Digital Marketing – Jaman sekarang adalah jaman digital, semuanya serba digital, semua serba dari ponsel, dari aplikasi, maupun dari website. Tapi, banyak bisnis yang semua juga didalam digital marketing, anda harus tahu kerangkanya karena banyak strategi di luar sana.  Artinya, itu akan menawarkan bagaimana caranya anda sukses di dunia digital marketing / internet marketing / social media marketing indonesia.

Nah, ada beberapa tips nih yang bisa anda coba untuk strategi digital marketing.

1. Fokus kepada Traffic

Cek traffic website

Bagaimana anda punya website, facebook, instagram, landing page atau apapun yang bisa disebut market anda. “Trafficnya rame nggak?” “Ada yang banyak berkunjung kesana nggak?” Jadi traffic yang dimaksud disini adalah banyaknya pengunjung market anda. Fokus kepada Traffic disini bermaksud apa usaha anda membuat traffic datang ke market anda.

Kalau anda punya produk yang anda tempatkan di marketplace seperti facebook marketplace, tentu marketplace akan membuat traffic yang rame ke market anda. Dan anda harus ukur setiap saat traffic nya.

2. Frekuensi

jumlah pengunjung website

Frekuensi yang dimaksud disini adalah “Berapa sering orang balik lagi ke market anda”. Jadi, anda harus siapkan strategi-strategi yang membuat orang balik lagi ke market anda, seperti bikin sistem poin atau voucher atau apapun affiliate marketing yang membuat orang balik lagi, balik lagi, dan balik lagi ke market anda.

3. Volume

cek pengunjung website

Seberapa besar customer anda membeli kepada bisnis anda, misal hari ini beli 1 produk, besok 2 produk, besoknya lagi 5 produk, jadi volume nya meningkat atau nggak. jadi, volume yang dimaksud adalah strategi apa yang anda lakukan supaya volume meningkat.

 

Digital marketing juga memiliki fokus. Beberapa diantaranya ada.

#1 Anda harus eksis

Kalau anda punya bisnis, anda harus eksis. Apa itu eksis? Eksis yaitu kalau orang ketik nama produk dari bisnis sanda ataupun ketik kata kunci search engine maka akan muncul bisnis anda.

Misal anda berbisnis sate, katakanlah sate ayam padang terenak di tanah abang, lalu pada saat orang ketik di google, ketiknya bukan sate, misalnya ngetik street food terenak. Nah, begitu mereka ketik itu apakah bisnis anda ada atau tidak di halaman pertama hasil pencarian google. Ini biasa disebut SEO (Search Engine Optimization). Jadi supaya eksis anda bisa pikirkan kata kuncinya apa, lalu dari situ bisnis anda akan  eksis di google.

Bukan hanya SEO ada juga SEF (Search Engine Friendly), artinya kata kunci tersebut google bacanya akan lebih gampang, sehingga dinaikkan pada halaman pertama result pencarian google.

Setelah anda eksis di SEO dan SEF, anda juga harus tahu yang namanya SED (Search Engine Dominance) yang artinya bisnis anda dominan di berbagai kata kunci seperti sate terenak, sate termurah, sate terbaik, dan lain lain.

#2 Intersepsi (Mencegat)

Ketika orang lagi lihat-lihat atau surfing-surfing di internet, sebut saja di facebook, eh iklan anda muncul saat orang itu sedang surfing, itu artinya anda mengintersep atau mencegat dengan iklan anda.

Bahkan di facebook, instagram, maupun youtube (Social Media Marketing), seketika orang lalu lalang di internet tiba tiba iklan yang anda tawarkan menarik, orang bisa tertarik lalu meng-klik iklan yang akan menuju ke website anda.

#3 Relationship  dengan Online Customer

Relationship bisa kita lakukan dengan cara membangun relasi / hubungan / kedekatan menggunakan email marketing. Jadi misal customer datang ke website anda, lalu di website anda, anda suruh pengunjung mengisi email, atau nomer hp, mereka isi lalu berikan mereka gift berupa tutorial, ataupun ebook dan sebagainya terserah anda.

Dan dari situ anda mendapatkan email dari customer anda, nah email tersebut bisa anda maintain dengan email marketing, anda ketikan “hai pak, terimakasih telah mengunjungi website kami” atau apapun yang bisa membuat relationship dengan customer. Dengan itu akan menarik customer untuk balik lagi ke website anda.

Baca juga : Tips Memulai Promosi melalui Digital Marketing

Nah, dalam dunia Digital Marketing ini kita harus berfokus pada 6 hal diatas, sehingga kita bisa mengembangkan bisnis kita dengan baik menggunakan strategi digital marketing.

Check Also

cara menaikkan harga

Cara Menaikkan Harga Tanpa Kehilangan Pelanggan

Cara Menaikkan Harga – Banyak strategi yang bisa anda gunakan untuk meminimalisir dampak kenaikan harga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *